10 Pekerjaan Part Time Mahasiswa untuk Menambah Penghasilan

10 pekerjaan part time mahasiswa untuk menambah penghasilan

10 pekerjaan part time mahasiswa untuk menambah penghasilan - Mengandalkan uang kiriman orang tua saja tidak akan cukup bagi sebagian mahasiswa. Oleh karena itu, Anda harus bisa bekerja part time untuk menambah uang jajan atau membeli buku. Juga, menggunakan uang Anda sendiri lebih bebas untuk apa pun.

10 pekerjaan part time mahasiswa untuk menambah penghasilan.


Ketika Anda seorang mahasiswa, waktu terbatas, karena Anda harus membaginya dengan waktu kelas yang biasanya tidak padat. Namun kesempatan ini tidak boleh dilewatkan, karena selain dapat menambah penghasilan juga dapat memberikan banyak pengalaman untuk pekerjaan kedepannya. Mencari penghasilan saat masih kuliah sangat memungkinkan. Anda dapat mengambil pekerjaan part time, sehingga waktu Anda untuk kuliah tidak terlalu sibuk.

Berikut inilah 10 pekerjaan part time untuk mahasiswa yang bisa Anda coba.

1. Mahasiswa part time sebagai guru privat

Pekerjaan sampingan yang paling banyak dipilih oleh mahasiswa adalah les privat. mahasiswa dapat mengajar secara privat untuk anak SD dan SMP. Mereka umumnya membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar daripada di sekolah.

Anda bisa mengajar sesuai dengan kemampuan Anda. Misalnya, jika Anda sedang belajar matematika, Anda bisa mengajarkan matematika kepada anak usia sekolah. Anda juga bisa mengajar fisika, Alquran, atau bahkan bahasa asing. Jika Anda sibuk dan memiliki banyak siswa, les privat dapat memberikan keuntungan finansial yang cukup besar. Karena umumnya guru privat dibayar per jam. Dan cukup besar karena dianggap guru yang ahli dalam bidang tertentu.

Selain itu, bimbingan belajar part time juga dapat menyesuaikan waktu dengan jadwal kelas. Oleh karena itu, universitas tidak akan diabaikan. Dan waktu luang anda dapat digunakan dengan sangat bermanfaat.


2. Ojek Online

Pilihan part time untuk mahasiswa selanjutnya adalah ojek online. Saat ini pengguna ojek online semakin banyak, karena selain bisa mengantar seseorang ke tempat tujuan, mereka juga bisa memesan ojek online untuk pesan antar makanan.

Ada dua perusahaan ojek online besar di Indonesia, yaitu Grab atau Gojek. Tentukan perusahaan mana yang ingin Anda lamar. Persyaratannya juga tidak terlalu sulit, asalkan punya kendaraan dan kelengkapan dokumen kendaraan bisa ikutan.

Menjadi ojek online lebih fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal kelas. Jadi jika waktu trailer terlalu padat dengan jadwal kelas, Anda bisa melakukannya di malam hari.

Penghasilan ojek online bagus jika bisa mendapatkan banyak pelanggan setiap hari. Liburan juga bisa dimanfaatkan untuk menarik penumpang, meski fisik lelah, namun akan diimbangi dengan penghasilan lumayan yang bisa didapat.


3. Menjadi penulis artikel

Selain menjadi guru privat, pilihan part time yang paling banyak diminati mahasiswa adalah menjadi penulis artikel lepas. Untuk mendapatkan part time ini, Anda harus memiliki kemampuan untuk bisa menulis artikel dengan baik. Menjadi penulis artikel lepas adalah pekerjaan yang sangat menarik bagi mahasiswa. Karena Anda bisa mengasah kemampuan menulis karya ilmiah dan artikel di kemudian hari. Dengan menulis sendiri, tentunya pengetahuan Anda tentang sesuatu juga bisa lebih luas.

Untuk mencari lowongan penulis lepas, Anda bisa mencari blogger yang sedang mencari penulis artikel. Mereka umumnya akan membayar untuk menulis per artikel yang dibuat. Jika Anda dapat menulis artikel dalam bahasa Inggris, Anda memiliki lebih banyak peluang.

Pekerjaan ini juga dapat dicari di berbagai situs independen di website. Atau Anda juga bisa mencoba bergabung dengan Upwork dan mencari berbagai lowongan untuk menjadi penulis artikel lepas di website.


4. Blogger

Jika Anda ingin menghasilkan keuntungan yang lebih besar dengan menulis daripada menulis untuk orang lain, sebaiknya Anda menulis artikel Anda sendiri dan mempostingnya di blog Anda sendiri. Penghasilan yang bisa didapatkan dari blogger cukup tinggi.

Untuk mulai menjadi seorang blogger, pastikan Anda mengetahui topik yang ingin Anda buat untuk blog. Pastikan topiknya sama agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Awalnya memang tidak mudah, karena butuh ketekunan untuk membangun sebuah blog.

Namun, jika Anda memiliki banyak pengunjung di blog Anda dan Anda telah menautkan blog Anda dengan Adsense, Anda akan mendapatkan penghasilan yang fantastis setiap bulannya. Bahkan penghasilannya bisa lebih tinggi dari pekerja kantoran, jika blog Anda terkenal.

Blogging, pada kenyataannya, adalah pilihan part time yang paling menguntungkan bagi mahasiswa jika Anda dapat mengelolanya dengan baik. Juga, menjadi seorang blogger tidak akan lama. Karena sangat fleksibel dan bisa dilakukan di dalam ruangan.


5. Influencer media sosial

Popularitas media sosial sedang meningkat, itulah sebabnya ada pekerjaan baru yang disebut influencer media sosial. Mereka yang bisa menjadi influencer biasanya adalah mereka yang sudah memiliki banyak pengikut di jejaring sosial, terutama Instagram atau YouTube.

Banyak perusahaan menggunakan influencer untuk mempromosikan produk mereka. Karena dianggap lebih efektif daripada iklan biasa. Influencer sering memiliki pengikut yang setia, jadi mereka mengikuti apa yang disarankan oleh influencer. Biasanya, influencer di Instagram atau Youtube mempromosikan suatu produk dengan me-review produk tersebut. Dan perusahaan produk membayar mereka dengan harga yang sangat tinggi.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang influencer adalah mengunggah konten secara rutin. Selain itu, konten yang diunggah juga harus menarik agar orang lain tertarik untuk mengikuti akun Anda.

Juga, seringlah berinteraksi dengan pengikut Anda sehingga mereka dapat terpengaruh oleh apa yang Anda kenakan. Tidak kalah pentingnya, Anda juga harus selalu berbagi hal-hal positif.

Untuk lebih banyak pengikut baru untuk mengikuti akun Anda. Dan kemudian perusahaan dapat melihat sekilas. Seperti kecantikan, pakaian, dll. Mereka akan membayar Anda berdasarkan jumlah pengikut. Pembayaran juga berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan. Setelah mendapatkan banyak followers, tetap jaga dengan selalu mengupload konten-konten terbaru di Instagram. Agar followers Anda tidak pernah bosan dengan konten yang dibagikan.


6. Desainer

Buat kamu yang jago desain, banyak lowongan desain mahasiswa part time yang dibutuhkan. Kemampuan mendesain dapat digunakan untuk membuat layanan CV, membuat desain logo, kartu nama dan website.

Biasanya ada banyak acara mahasiswa di kampus juga dan mereka menggunakan poster untuk acara ini. Manfaatkan momen ini untuk menawarkan layanan Anda kepada mereka. Dan beri mereka tarif yang sesuai dengan kantong.

Jika Anda ingin tarif yang lebih mahal untuk keterampilan desain yang Anda miliki. Coba cari lowongan desain di website freelance, seperti freelancer dan upwork. Anda akan menemukan mitra asing dan bayarannya akan lebih tinggi.


7. Fotografer

Pilihan part time bagi mahasiswa yang menyukai fotografi adalah menjadi fotografer. Bekerja dengan hobi berbayar tentu sangat menyenangkan, Anda juga bisa mendapatkan banyak pengalaman baru jika bakat Anda digunakan untuk menghasilkan uang. Apalagi di era media sosial ini. Dimana setiap momen ingin diabadikan, sebagian orang lebih memilih jasa fotografer untuk membuat media sosialnya menarik, daripada foto sembarangan lewat ponsel.

Banyak sekali yang membutuhkan jasa fotografer, seperti restoran yang baru saja dibuka. Mereka akan membutuhkan jasa fotografer untuk memotret menu-menu yang akan disajikan di restoran tersebut.

Anda dapat mempromosikan layanan Anda di berbagai jejaring sosial. Dan, tentu saja, Anda harus menampilkan portofolio foto Anda sendiri. Jadi, pastikan media sosial Anda juga memposting foto yang bagus, agar orang-orang aman menggunakan layanan Anda.


8. Penerjemah

Jangan sia-siakan pengetahuan bahasa asing Anda, gunakan untuk mendapatkan uang. Lowongan penerjemah terbuka untuk bahasa yang mahir seperti Inggris, Korea, Prancis, dll. Layanan penerjemahan sangat diperlukan. Baik terjemahan dari bahasa asing ke Indonesia atau sebaliknya. Juga, majalah banyak digunakan di kampus. Untuk dapat menerbitkan jurnal internasional, Anda harus menggunakan bahasa Inggris.

Ambil kesempatan untuk menawarkannya kepada guru yang ingin menerbitkan majalah internasional. Membebankan biaya yang sesuai untuk kesulitan menerjemahkan majalah.


9. Pelayan atau Barista

Menjadi pelayan atau barista bisa menjadi pilihan part time bagi mahasiswa yang tak kalah seru. Selain itu, kafe kini menjadi tren di kalangan kaum urban. Banyak kafe bermunculan, terutama di sekitar kampus. Biasanya akan banyak barista yang dibutuhkan, lowongan menjadi barista juga biasanya diperuntukkan bagi mahasiswa untuk bekerja part time. Anda juga akan dibayar per jam dan dapat disesuaikan dengan jadwal kelas.

Tugas seorang barista adalah menyiapkan makanan dan minuman, menyajikannya, dan membersihkan toko. Jangan khawatir jika tidak bisa membuat kopi sendiri, karena biasanya akan ada pelatihan terlebih dahulu.

Dengan bekerja di kafe dan menjadi barista, kamu bisa mendapatkan banyak ilmu baru. Seperti cara meracik kopi yang nikmat, cara berbisnis dengan atasan bahkan dengan kenalan yang datang ke kafe.

Pekerjaan ini cukup menarik dan banyak diminati oleh mahasiswa. Karena selain menghasilkan uang, juga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk menghilangkan kejenuhan setelah berjam-jam berurusan dengan dosen di kampus.


10. Jual online

Pilihan part time terakhir bagi mahasiswa adalah berjualan online. Sekarang penggunaan jejaring sosial sangat tinggi, terutama bagi mereka yang memiliki jiwa wirausaha. Saya pasti tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menarik pelanggan dengan media sosial.

Jualan di media sosial bisa dilakukan di Instagram, Facebook, bahkan WhatsApp. Tentu saja untuk Facebook dan WhatsApp target penjualannya lebih kepada teman dekat. Berbeda dengan Instagram yang memiliki target jangkauan lebih luas.

Atau bisa juga menggunakan marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Lazada dan lain-lain. Jika Anda sudah memiliki nama, tentu penjualan Anda mungkin akan lebih diminati dimanapun Anda memilih untuk berjualan.

Untuk mulai berjualan online, Anda bisa memilih produk yang ingin Anda jual. Sekarang sudah banyak yang menawarkan sistem kerja yang menjual brand ternama, dan Anda hanya perlu menjual dan mempromosikannya.

Anda bisa mengubahnya menjadi peluang, karena Anda tidak perlu repot membangun brand. Karena orang lain pasti sudah tahu kualitas mereknya. Penjualannya juga biasanya cepat, karena mereknya sudah dikenal banyak orang.

Atau Anda juga dapat membuat merek Anda sendiri. Misalnya membuat kaos dengan merek sendiri. Itu akan jauh lebih baik, hanya dibutuhkan lebih banyak upaya untuk mempromosikan produk.

Baca Juga: Ide Bisnis Anak Muda Jaman Now

Terakhir, itulah 10 pekerjaan part time mahasiswa untuk menambah penghasilan yang bisa Anda coba.  Anda dapat belajar dan menghasilkan uang. Meski penghasilanmu tinggi, bukan tidak mungkin kamu bisa mengirimkan uang kepada orang tuamu.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url